Si Bau Kuat, Jengkol, dengan “Sejuta” Manfaatnya

Jengkol merupakan salah satu makanan yang lezat bagi para penggemarnya. Namun, tak sedikit orang yang juga membenci olahan sayuran ini karena baunya yang cukup menyengat. Meskipun baunya yang menyengat sering membuat yang memasaknya kelabakan, buah yang digemari di berbagai daerah di Malaysia, Brunai dan Indonesia ini mengandung banyak manfaat, lho. Apa sajakah manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh ini? Simak ulasan lengkapnya, yuk!

Manfaat Sayuran Jengkol untuk Kesehatan Tubuh

  • Pengganti Sel-Sel Rusak
Jengkol merupakan salah satu sumber protein yang tinggi. Kandungan protein dalam jengkol bahkan lebih tinggi dari kacang hijau atau kedelai sebagai bahan mentah tempe dan tahu. Protein yang terkandung pada sayuran berbau menyengat ini sangat berkhasiat untuk mengganti sel-sel tubuh yang rusak, membentuk jaringan baru, serta sangat berperan dalam mentsabilkan sistem hormon.

manfaat jengkol
Kandungan serat dalam jengkol sangat berperan dalam melancarkan buang air besar. Jika sampah-sampah dalam perut dapat mengalir dengan lancar, secara tidak langsung juga membantu melangsingkan perut yang buncit akibat susah BAB. Selain serat, jengkol juga kaya akan protein yang juga membantu melancarkan metabolisme tubuh. Maka dari itulah, jengkol juga disebut sebagai makanan pencuci perut selain apel.
  • Manfaat Jengkol Untuk Mencegah Diabetes
Manfaat jengkol yang cukup hebat berikutnya adalah mencegah penimbunan gula yang dapat menjadi salah satu pemicu penyakit diabetes. Kandungan gula dalam jengkol berbeda dengan gula pada makanan lain, yaitu dapat dengan mudah terurai dengan mudah dalam tubuh. Dengan demikian, gula darah juga bisa dikontrol. Selain sebagai pengontrol gula darah, kandungan fruktosa dalam jengkol juga baik sebagi penyedia energi tambahan untuk tubuh.
  • Manfaat Jengkol untuk Ibu Hamil
Sayuran Jengkol ini sangat bermanfaat untuk pertumbuhan janin serta memperlancar pencernaan. Kandungan kalsium yang cukup tinggi di jengkol sangat berguna untuk pertumbuhan tulang pada calon buah hati. Serta kandungan jengkol seperti serat, vitamin A, vitamin E dan kalsium juga dapat menjaga keseimbangan nutrisi bagi ibu hamil.
  • Sumber Anti-Oksidan
Kandungan lain dalam jengkol yang juga tak kalah berkhasiat adalah kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Antioksidan sanat baik untuk menangkal radikal bebas berbahaya yang dapat menbuat tubuh tak sehat. Selain itu, antioksidan dalam jengkol juga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara membersihkan toksin-toksin yang mengalir pada darah yang menjadi pemicu penyakit jantung.

  • Mencegah Anemia
Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang lain yaitu dapat mencegah terjadinya anemia. Karena dalam 100 gr jengkol memiliki kandungan zat besi sekitar 4,7 gr yang dimana zat besi sangat bermanfaat untuk mencegah anemia yang biasanya di sertai dengan rasa lelah, lemah, kurang bersemangat, dan menurunnya imunitas.
  • Mencegah Terjadinya Keropos Tulang
Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang terakhir adalah dapat mencegah terjadinya keropos tulang. Itu di karenakan jengkol mengandung kalsium dan fosfor yang di mana keduanya sangat di butuhkan tulang dalam tubuh. Serta juga dapat bermanfaat untuk mencegah keropos tulang atau osteoporosis.

Nah, selain beragamnya manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh di atas, jengkol ternyata juga mengandung vitamin yang cukup lengkap. Kandungan vitamin dalam jengkol antara lain vitamin A, B1, B2, dan C berkhasiat untuk menjaga kesehatan pengelihatan, imunitas tubuh dan lain sebagianya.


Namun, meskipun dengan beragam manfaat di atas, jangan mengonsumsi jengkol dengan rutin, ya. Karena, kandungan asam jengkolat dalam jengkol dapat membuat sulit buang air kecil. Untuk mengurangi efeknya perbanyaklah minum air putih setelah makan jengkol.


Si Bau Kuat, Jengkol, dengan “Sejuta” Manfaatnya Rating: 4.5 Posted By: Beragam Manfaat