Rahasia Tubuh Sehat dan Berenergi dengan Manfaat Singkong

Siapa yang tak kenal dengan tanaman satu ini? Singkong merupakan salah satu makanan mengandung pati yang kaya karbohidrat dan dapat dijadikan pilihan menu utama pengganti nasi yang menyehatkan. Nah, apakah Anda tahu apa saja manfaat singkong yang baik untuk tubuh?

Singkong merupakan tanaman asli dari Amerika yang juga dapat tumbuh baik di tanah tropis. Seperti di wilayah Indonesia, Thailand, dan beberapa wilayah di Afrika, Singkong ini sudah dijadikan salah satu menu pengganti nasi, lho. Nah, simak yuk ulasan lengkap mengenai manfaat singkong untuk kesehatan dan tubuh!

Manfaat Singkong Bagi Tubuh

manfaat singkong

  • Sumber Energi
Bukan rahasia lagi jika singkong merupakan tanaman penghasil karbohidrat yang baik, selain nasi. Selain itu, kandungan kalori dalam singkong itu dua kali lebih tinggi daripada kentang. Dalam 100 gram singkong terkandung 160 kalori, yang sebagian besar merupakan sukrosa. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa singkong juga lebih baik dari nasi, lho. Hal ini karena, singkong memiliki sifat antikanker, antitumor, dan meningkatkan nafsu makan.
  • Penurun Kadar Kolestrol
Singkong merupakan salah satu sumber phytochemical, yaitu saponin. Manfaat singkong untuk mengatur kadar kolestrol darah ini karena adanya kandungan saponin yang banyak dalam singkong. Saponin dapat membantu mengikat zat asam empedu dan kolestrol yang jahat. Selain itu, saponin juga berkhasiat untuk melindungi sel dari kerusakan. Dengan demikian, saponin dalam singkong ini juga membantu mencegah tumbuhnya sel kanker.
  • Mencegah Risiko Obesitas
Singkong kaya akan serat. Kandungan serat dalam satu cangkir singkong dapat memenuhi asupan serat, yaitu 10 persen untuk pria dan 14 persen untuk wanita. Kandungan serat yang tinggi juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengontrol kadar kolestrol, dan melancarkan pencernaan. Selain itu, singkong dapat membantu mencegah risiko terjadinya obesitas karena mengandung lemak yang rendah.
  • Melancarkan Pencernaan 
Singkong mengandung insoluble fiber atau biasa di sebut dengan serat yang tidak larut dalam air. Yang dimana kita tau bahwa serat ini dapat  membantu melancarkan buang air besar dan dapat menyerap serta membuang toksin yang terdapat dalam usus  sehingga membuat pencernaan kita menjadi sehat.
  • Sebagai Sumber Mineral
Manfaat singkong yang terakhir yaitu sebagai sumber mineral, itu karena kandungan yang terdapat  di dalamnya seperti magnesium, seng, tembaga, besi, dan mangan. Adapun juga ada kalium yang dimana sangat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah serta dalam proses pembentukan sel dalam tubuh.

  • Mengandung Vitamin K
Kandungan Vitamin K yang terdapat pada singkong bermanfaat untuk membangun masa tulang. Selai itu juga Vitamin K juga dapat berfungsi untuk melindungi serta sangat penting dalam mengobati pasien penderita Alzheimer karena dapat membatasi kerusakan saraf pada otak.

  • Mencegah dan Mengatasi Anemia
Singkong kaya akan kandungan mineral, termasuk  akan kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi sangat bermanfaat dalam proses pembentukan sel-sel darah merah supaya kita terhindar akan masalah anemia.

Nah, selain manfaat singkong di atas, apakah Anda tahu cara mengolah singkong agar tak membahayakan tubuh? Singkong perlu diolah dengan baik karena didalamnya terkandung cyanogenik yang beracun. Mengonsumsi singkong mentah dapat menyebabkan muntah, mual, pusing, sakit perut, sakit kepala, dan kematian.

Agar singkong dapat dikonsumsi dan diambil manfaatnya, Anda dapat mengupas singkong, lalu mengeringkan di bawah terik matahari. Selain itu, Anda dapat merendam singkong lalu mendidikan di air garam/cuka. Dengan cara ini, kandungan sianida dapat hilang dan singkong aman dikonsumsi manusia.
Rahasia Tubuh Sehat dan Berenergi dengan Manfaat Singkong Rating: 4.5 Posted By: Beragam Manfaat