Mengupas Beragam Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Menurut berbagai literatur kesehatan, dinyatakan bahwa beras hitam adalah beras yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Manfaat beras hitam untuk kesehatan salah satunya adalah untuk mencegah berbagai penyakit, meningkatkan sistem imun, dan masih banyak manfaat yang lainnya.

Berbeda dengan beras putih biasa, sesuai namanya, beras hitam memiliki warna hitam. Orang Amerika menyebut beras hitam dengan Indonesian black rice. Sejarahnya, pada masa kesultanan, beras hitam hanya dikonsumsi oleh kalangan atas saja. Ingin tahu apa saja manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh? Simak info di bawah ini!

manfaat beras hitam

Khasiat Beras Hitam Bagi Kesehatan

  • Membantu diet penderita penyakit diabetes
Manfaat beras hitam untuk diet para penderita diabetes memang sudah tak diragukan lagi. Dibandingkan dengan jenis beras lainnya, nilai kalori yang terkandung di dalam beras hitam adalah yang terendah, yaitu sekitar 362 kcal per 100 gramnya. Dengan nilai kalori yang sedemikian rendahnya, beras hitam diharapkan tak akan menaikkan indeks glikemik penderita diabetes.

  • Mencegah penyakit jantung
Bukan hanya beras merah saja yang memiliki kandungan serat yang tinggi, beras hitam pun juga tak kalah. Fungsi serat yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung dapat berperan aktif dalam memelihara kesehatan jantung Anda. Hal ini dapat diketahui dari rasanya yang sedikit pera dan tidak sepulen beras putih saat dimakan.

  • Menghambat penuaan dini
Siapa sih yang tak ingin tampil awet muda? Itu sudah menjadi impian banyak orang. Beras hitam terkenal akan kandungan antioksidannya yang tinggi. Anti oksidan merupakan salah satu zat yang dibutuhkan tubuh terutama kulit untuk beregenerasi sehingga proses pergantian sel kulit yang rusak dan pengangkatan sel kulit mati menjadi lebih cepat dan kulit menjadi tampak lebih muda.

  • Alternatif makanan bayi yang kaya gizi
Mungkin sudah terlalu mainstream menggunakan beras merah sebagai bahan makanan untuk melengkapi kebutuhan gizi si Kecil. Namun, tak banyak orang tahu bahwa manfaat beras hitam untuk bayi juga sangat bagus. Beras hitam mengandung zat besi yang membantu pertumbuhan tulang si Kecil.

  • Mengobati anemia
Anemia merupakan penyakit yang sering terjadi pada banyak orang. Meskipun tidak termasuk penyakit berbahaya yang bisa mengakibatkan kematian, tetap saja, penyakit satu ini akan mengganggu aktivitas harian. Kandungan zat besi yang ada dalam beras hitam juga mampu merangsang pembentukan sel darah merah sehingga akan mengurangi risiko penyakit anemia.
  • Mengurangi risiko aktifnya sel kanker
Beras hitam dikatakan sangat bermanfaat untuk mencegah aktifnya sel kanker karena dalam beras hitam memiliki kandungan antosianin yang tinggi. Berdasarkan hasil riset, antosianin merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat sehingga dapat berperan aktif untuk mencegah penyakit kanker

  • Menunjang Fungsi Hati
Kandungan yang terdapat dalam beras hitam sangat bermanfaat untuk terjadinya kerusakan fungsi hati. Kita tidak pernah menyangka bahwa kita sering membuat hati untuk bekerja lebih keras dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat untuk hati. Untuk itulah hati perlu dirawat dengan mengkonsumsi beras hitam agar selalu terjaga dengan baik sehingga selalu bekerja sesuai fungsinya. 

  • Membersihkan Kolesterol Dalam Darah
Beras hitam ternyata bermanfaat dalam membersihkan kolesterol di dalam darah. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari beras hitam lebih baik mengkonsumsinya jangan menggunakan santan. Beras hitam masih bisa membuatnya menjadi bubur tanpa menggunakan santan dan rendah akan gula dan garam.

Itu dia beragam manfaat beras hitam untuk kesehatan tubuh. Mencoba memasukkan beras hitam sebagai variasi menu makanan pokok selain beras putih tak salah bukan? Itu karena, beras hitam dapat membantu detoksifikasi dan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.
Mengupas Beragam Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Posted By: Beragam Manfaat