Seledri, Si Penyedap yang Kaya Manfaat

Seledri merupakan sayuran hijau yang berkhasiat untuk tubuh. Seledri selain digunakan untuk penyedap masakan ternyata juga bergizi untuk tubuh. Meskipun lebih sering digunakan untuk mempercantik tampilan masakan, namun manfaat seledri untuk tubuh ternyata tak main-main, lho.

Dengan kandungan vitamin yang berlimpah, seledri ternyata sangat baik untuk menjaga fungsi ginjal. Selain menjaga fungsi ginjal, masih ada banyak lagi manfaat seledri bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Hal itu karena, kandungan  vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin C, vitamin E dan vitamin K dapat digunakan sebagai obat dan kesehatan tubuh.

manfaat seledri

Yuk, simak ulasan lengkap mengenai manfaat seledri ini.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh 
Tanaman yang mempunyai aroma khas ini kaya akan vitamin A, B, dan C yang berfungsi sebagai sumber antioksidan. Antioksidan dari vitamin-vitamin tersebut sangat baik sebagai pemerkuat imunitas tubuh. Vitamin C dalam seledri berperan penting sebagai penghasil kolagen yang membantu melindungi otot dan jaringan kulit dalam menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit.
  • Meredakan Stres
Manfaat seledri lainnya yakni meredakan kegugupan dan depresi yang menjadi pemicu stres. Untuk mengatasi hal tersebut dapat menggunakan minyak atsiri. Minyak atsiri terbuat dari ekstrasi daun seledri yang terbukti dapat digunakan sebagai obat penenang dan penyakit osteoarthritis.
  • Sumber Vitamin K
Seledri mengandung banyak vitamin K yang dapat digunakan sebagai penyembuh luka dan memar. Tubuh yang kekurangn vitamin K akan mengalami kesulitan dalam memulihkan pendarahan, bahkan pendarahan dari luka ringan. Vitamin K juga berperan untuk memicu bekerjanya kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Bahkan, 1 porsi jus seledri mengandung lebih dari 100% asupan yang dibutuhkan oleh pria dan wanita, lho!
  • Melindungi dari Penyakit Kardiovaskular. 
Kandungan folat dalam seledri sangat membantu tubuh untuk memecah, memproduksi, dan mempercepat penggunaan protein. Jika tubuh kekurangan folat, tubuh akan rawan terkena penyakit jantung. Folat berfungsi sebagai pengubah asam amino yang dapat membahayakan tubuh. Jika asam amino tak diubah, ia dapat menganggu fungsi pembuluh darah yang memicu beragam penyakit kardiovaskular.
  • Memperindah dan menyuburkan rambut 
Rambut merupakan mahkota bagi semua wanita, akan tetapi dari beberapa wanita akan mengalami kerusakan bahkan kebotakan akibat salah merawat rambut. Akan tetapi tidaklah perlu risau jika terjadi hal tersebut, karena kita dapat mengunakan seledri yang aman dan murah. Itu karena seledri dapat membuat rambut menjadi lebat dan menjaga kulit kepala. Caranya yaitu dengan menghaluskan 10 tangkai daun seledri dan balurkan pada rambut sampai merata dan pijat agar dapat meresap di kulit kepala. Diamkan dan bungkus kurang lebih 1 jam lalu bilas, untuk hasil yang maksimal lakukan 2 kali seminggu.
  • Dapat mengobati batuk 
Manfaat seledri untuk kesehatan tubuh yang lain yaitu dapat mengobati batuk. Selain seledri aman dan mudah di dapat. Berikut cara mengobati batuk dengan seledri yaitu kita potong- potong daun seledri, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih, lalu saring. Setelah dingin beri madu secukupnya lalu minum, untuk hasil yang maksimal minumlah air seledri tersebut minimal 2 kali sehari.
  • Mengobati Mata Kering 
Seledri juga dapat mengobati mata kering, caranya yaitu siapkan daun seledri , daun kelor, dan daun bayam, kurang lebih 1/3 genggam, cuci bersih kemudian haluskan dengan diberi sedikit garam, Kemudian beri 1/3 gelas air, aduk dan saring. Minumlah ramuan ini sehari 3 x. 
  • Mengobati Darah Tinggi
Manfaat seledri yang berikutnya yaitu dapat menyembuhkan darah tinggi. Caranya sangat mudah yaitu seledri beserta dengan akarnya kira - kira 100 gram, kemudian cucilah bersih. Setelah bersih tumbuklah hingga halus dan beri 1 gelas air. Lalu rebuslah hingga mendidih, setelah mendidih diamkan hingga dingin dan bagi menjadi dua untuk di minum di pagi hari dan di sore hari.
  • Untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah
Jumlah kolesterol dalam tubuh haruslah di batasi, karena jika tidak maka akan menumpuk dan juga menyumbat pada pembuluh darah. Karena jika pembuluh darah sudah tersumbat akan menyebabkan datangnya berbagai penyakit. Dan untuk menjaga tubuh agar kadar kolesterol tidak meningkat bisa dengan menggunakan daun seledri dengan cara mengunyahnya saja. Adapun cara lain dengan merebus daun seledri yang telah dicuci bersih dan di potong kasar dengan 3 gelas air hingga air menjadi 1 gelas. Minumlah rebusan seledri ini secara rutin, maka akan di jamin kolesterol yang jahat dalam tubuh akan kabur.
  • Untuk Mengobati Rematik
Jika kita mengalami rematik dan di rumah tidak ada obat, kita bisa menggunakan seledri sebagai pertolongan pertama untuk mengatasinya. Karena jika dibiarkan kita akan mengalami kesakitan dan akan mengganggu aktivitas kita. Penyakit rematik ini muncul karena penumpukan dari asam urat, yang dimana asam urat akan menumpuk dan mengkristal. Sehingga tubuh akan sulit untuk bergerak dan jika dibiarkan akan mengakibatkan kelumpuhan. Untuk itu seringlah untuk mengkonsumsi daun seledri yang masih mentah agar dapat mengobati penyakit rematik tersebut.
  • Mengobati Jerawat
Tahukah anda selain  baik untuk kesehatan ternyata seledri bermanfaat untuk kecantikan salah satunya dapat di gunakan untuk mengobati jerawat. Untuk mengobati jerawat kita dapat membuat jus dari seledri yang di beri beberapa tetes tea tree oil. Kemudian oleskan jus seledri tersebut pada seluruh wajah dan leher, kemudian diamkan hingga kering, lalu bilas mengunakan air hangat. Nutrisi yang terkandung didalam jus seledri dapat langsung terserap pada kulit yang akan membuat kulit menjadi lembab serta mengatasi permasalahan kulit didalamnya.
  • Mengatasi kulit berminyak
Untuk mengatasi minyak yang berlebih pada kulit, kita bisa memanfaatkan seledri untuk mengurangi minyak yang berlebih. Cara mengunakan seledri untuk mengatasi kulit berminyak sangatlah mudah yaitu kita siapkan 3 batang seledri yang telah dicuci bersih, kemudian potong kecil-kecil dan tempatkan pada wadah dan tuangkan air mendidih lalu tutup. Biarkanlah hingga air menjadi dingin lalu simpan pada lemari es. Gunakan ramuan ini saat membasuh wajah sebelum tidur, untuk hasil yang maksimal lakukan setiap hari agar wajah terbebas dari minyak. 
  • Menjaga Kulit Tetap Muda
Kandungan yang terdapat dalam jus seledri diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, vitamin K, niasin,  dan folat yng sangat penting dalam memproduksi kolagen. kolagen sendiri berperan sangat penting dalam menjaga elastisitas kulit serat mencegah timbulnya kerutan. Tidak hanya itu kandungan kalsium, kalium, magnesium, dan selenium dalam jus seledri menjadi asupan mineral yang sangat penting dalam membuat kulit menjadi lebih bersinar dan cerah. Yaitu dengan mengangkat sel kulit mati sehingga  melancarkan proses regenerasi kulit, sehingga dapat mencegah kulit wajah mengalami permasalahan yang tidak diinginkan.

Nah, manfaat seledri untuk kesehatan tubuh yang biasanya digunakan untuk penyedap makanan ini sangat luar biasanya, ya. Selain manfaat-manfaat di atas, seledri juga dapat digunakan untuk obat penyakit rematik, batuk serta dapat menyeimbangkan berat badan, lho. Jika Anda tertarik, Anda dapat meminum jus atau air rebusan daun seledri setiap pagi dan sore.
Seledri, Si Penyedap yang Kaya Manfaat Rating: 4.5 Posted By: Beragam Manfaat