Fakta Di Balik Daun Kemangi Untuk Menjaga Kesehatan

Kemangi - Tumbuhan kemangi merupakan tumbuhan yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Kemangi mudah untuk di budidayakan, karena tumbuhan ini mudah untuk tumbuh terlebih jika pada musim hujan.
Tumbuhan ini memiliki ukuran yang kecil, meskipun memiliki ukuran yang kecil akan tetapi tumbuhan ini kaya akan manfaat. Antara lain yang sering digunakan adalah daunnya untuk pelengkap lalapan dan biji dari bunga kemangi dapat dijadikan sebagai penganti biji selasih.
Tumbuhan kemangi memiliki aroma yang khas sehingga jika di campurkan dengan masakan akan membuat maskan menjadi nikmat. Manfaat daun  kemangi juga sangat banyak untuk kesehatan yang mungkin kebanyakan tidak mengetahuinya.
manfaat kemangi

Berikut adalah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan 

  •  Mengatasi Bau Mulut
Kemampuan daun kemangi dalam menghilangkan bau mulut mungkin sudah banyak yang mengetahuinya. selain itu daun kemangi juga dapat menghilangkan bau badan kita yang tidak menyenangkan serta membuat kita tidak pede.
  • Meredakan Demam dan Masuk Angin  
Manfaat daun kemangi yang selanjutnya yaitu dapat meredakan demam dan juga masuk angin yang sering dialami oleh bayi. Caranya yaitu dengan mengambil beberapa daun kemangi, bawang merah dan minyak kelapa, kemudian remas-remaslah ketiga bahan tersebut lalu oleskan pada perut, dada, serta punggung bayi.
  • Mengatasi Keputihan
Daun kemangi mengandung senyawa eugenol yang dimana bermanfaat dalam membunuh jamur yang menyebabkan keputihan. Oleh karena itu jika mengalami masalah keputihan, jangan panik karena dengan mengkonsumsi rutin daun kemangi akan membuat keputihan menjauh.
  • Sebagai Antiradang
Daun kemangi memiliki kandungan senyawa cineole myrcene dan juga eugenol yang sangat berperan penting sebagai antibiotik dalam tubuh. Antibiotik sangat penting dalam tubuh agar dapat mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh.
  • Mengobati Batuk dan Pilek
Manfaat daun kemangi juga dapat mengobati batuk dan juga pilek, karena di dalam daun kemangi mengandung zat yang dapat mengobati batuk. Selain sebagai obat batuk dan ekspektoran daun kemangi juga dapat membantu memobilisasi lendir yang berada di bronkitis dan juga sama. Caranya sangat mudah hanya menjadikan daun kemangi menjadi minuman yang hangat.
  • Menjaga Kesehatan Jantung 
Untuk menjaga kesehatan jantung kita bisa memanfaatkan daun kemangi sebagai obatanya. Mengapa demikian, karena didalam daun kemangi kaya akan kandungan magnesium serta betakaroten. Sehingga jika kita sering mengkonsumsi daun kemangi maka akan terjaga kesehatan jantung.
  • Menunda Menopouse

Daun kemangi juga bermanfaat untuk menunda menopouse, karena dalam daun kemangi mengandung zat triptofan yang dimana dapat menunda menopouse. Jadi tunggu apalagi untuk para wanita jangan segan - segan lagi untuk lebih memperbanyak mengkonsumsi daun kemangi dalam keseharian anda.
  •  Mengobati Demam
Kaya akan kandungan fitonutrien dan minyak penyembuh membuat daun kemangi bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit demam malaria dan juga demam berdarah. Cara cukup dengan menghaluskan dun kemangi kemudian direbus kemudian tambahkan teh. Jika demamnya sangat tinggi juga sama dengan menggunakan rebusan daun kemangi yang ditambah dengan gula, susu, dan juga bubuk kapulaga.
  • Merangsang Sel Telur
Daun kemangi juga bermanfaat dalam reproduksi wanita salah satunya dapat merangsang pematangan sel telur. Karena dalam kemangi mengandung zat stigmaasterol yang bermanfaat untuk merangsang pematangan sel telur atau ovulasi. Tidak hanya itu saja, kemangi juga mengandung senyawa anetol dan boron yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan reproduksi baik pria ataupun wanita.
  • Mengobati Sakit Kepala
Untuk mengobati sakit kepala dengan menggunakan daun kemangi sanagtlah mudah yaitu dengan kita siapkan kurang lebih 2 sendok makan daun kemangi kering dan masukkan dalam panci besar dan beri 2 gelas air yang telah mendidih. Kemudian kita hirup uap air tersebut kurang lebih selama 5 - 10 menit hingga sakit kepala mulai menghilang, tapi jangan lupa untuk menutup kepala dengan handuk.
  •   Mengobati Gigitan Serangga
Manfaat daun kemangi yang terakhir yaitu dapat bermanfaat untuk mengobati gigitan serangga. Yaitu hanya dengan mengunyah beberapa lembar daun kemangi kemudian tempelkan pada kulit yang terkena gigitan dari serangga. Karena dengan cara ini dapat mengeluarkan racun dari gigitan serangga tersebut.

  • Mencegah Rambut Beruban
Ternyata kemangi juga bermanfaat untuk mencegah rambut beruban caranya sangat mudah yaitu rendam bubuk daun kemangi kering dengan bubuk amla selama semalaman. Cuci rambut dengan air rendaman tersebut keesok harinya agar rambut tidak mudah beruban dan rontok.
  • Mencegah Tumbuhnya Jerawat
Manfaat daun kemangi yang selanjutnya yaitu dapat mencegah tumbuhnya jerawat. Karena daun kemangi dapat memurnikan darah dengan cara membuang racun yang ada dalam tubuh. Kandungan zat anti bakteri dan anti jamur dalam daun kemangi dapat dimanfaatkan sebagai pasta untuk mencegah peradangan.
  • Membantu Perkembangan Tulang
Kemangi juga bermanfaat dalam perkembangan tulang kita, karena kandungan fosfor dan kalium yang terdapat dalam daun kemangi dapat membantu pembentukan dan perkembangan tulang dan juga dapat mencegah terjadinya tulang yang keropos.
  • Mengobati Penyakit Panu
Jika kita mengalami penyakit kulit seperti panu kita bisa memanfaatkan daun kemnagi untuk mengobatinya. Caranya yaitu cukup dengan menghaluskan daun kemangi yang telah di cuci bersih dengan mencampurkan kapur sirih, lalu oleskan pada kulit yang terkena panu.

Demikianlah beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan, semoga bermanfaat. Selamat mencoba !!! 

Fakta Di Balik Daun Kemangi Untuk Menjaga Kesehatan Rating: 4.5 Posted By: Beragam Manfaat