Jaga Kesehatan Tubuh dengan Daun Bayam

Bayam merupakan tanaman yang cukup digemari sebagai sayur yang kaya nutrisi. Daun bayam memiliki kandungan nutrisi seperti tannin, kalsium oksalat, zat besi, vitamin A, C, K dan banyak lagi yang dapat memberikan kesehatan dan energi bagi tubuh kita. Bagi para penggemar sayuran sehat, apakah Anda tahu apa saja manfaat daun bayam untuk kesehatan tubuh ini?

Bayam merupakan sayuran yang dikenal dengan nama ilmiah Amaranthus sp. Kata “amaranth” dalam bahasa Yunani berarti “everlasting”. Di negara-negara berkembang seperti Indonesia, daun bayamlah yang banyak dimanfaatkan untuk olahan sayuran yang menyehatkan. Yuk, intip beragam manfaat daun bayam untuk kesehatan tubuh ini!

Aneka Khasiat Daun Bayam untuk Kesehatan

  • Sumber Energi Tubuh 
Anda pasti tak asing dengan salah satu tokoh kartun, yaitu popeye, yang selalu memenuhi energinya dengan daun bayam. Hal tersebut tidak sepenuhnya imajinasi, karena daun bayam memang mengandung karbohidrat, protein, vitamin K, A, C, B6 yang melimpah. Kandungan nutrisi-nutrisi seperti itulah yang membuat bayam sebagai penyedia energi tubuh alami.
  • Penyeimbang pH Tubuh 
Manfaat daun bayam lainnya sebagai pencegah ketidakseimbangan asam dalam tubuh. Daun bayam merupakan sumber mangan, zat besi, tembaga, kalsium, magnesium, dan potassium yang luar biasa. Zat-zat tersebut dapat berkhasiat sebagai penyedia keseimbangan mineral tubuh sehingga pH tubuh tetap terjaga dan tubuh tak rentan terhadap penyakit.
  • Melancarkan Pencernaan 
Daun bayam memiliki kandungan serat yang tinggi, yaitu 3 kali lebih banyak dari pada gandum. Serat dalam daun bayam dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi. Satu cangkir bayam memiliki hampir 20% dari serat yang dibutuhkan oleh tubuh, yang membantu proses pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah rendah, dan makan berlebihan.
  • Pencegah Penyakit Kanker dan Jantung
Daun bayam merupakan sumber fitosterol yang melimpah. Fitosterol ini sangat berguna untuk menurunkan penyerapan kolestrol tubuh, serta menurunkan tekanan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Selain itu, kandungan lisin, vitamin E, Magnesium, fosfor, potassium, dan vitamin C dalam daun bayam sangat berguna sebagai anti radikal bebas untuk mencegah penuaan dan pencegah tumbuhnya sel kanker jahat.
  • Anti Inflamasi
Neoxanthin dan violaxanthin merupakan dua anti inflamasi epoxyxanthophylls yang banyak terdapat dalam bayam yang dimana berfungsi sebagai regulasi dari peradangan. Bayam merupakan tumbuhan atau sayuran yang memiliki sifat alkalin yang tinggi sehingga bayam sangat baik di konsumsi oleh penderita penyakit inflamasi .

  • Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Bayam mengandung kalium dan rendah sodium serta memiliki kandungan mineral yang seimbang yang bermanfaat bagi penderita penyakit tekanan darah tinggi. Bayam juga mengandung folat yang juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi serta membantu melemaskan pembuluh darah sehingga dapat melancarkan aliran darah.
  •  Mencegah Diabetes
Manfaat bayam yang lain yaitu dapat mencegah terjadinya diabetes. Itu di karenakan dalam bayam mengandung magnesium yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya komplikasi penderita diabetes. Konsumsi bayam secara rutin agar gula darah dalam tubuh menjadi stabil.
  • Mencegah Terjadinya Anemia
Sudah banyak yang tahu bahwa bayam dapat mencegah terjadinya anemia, itu dikarenakan bayam kaya akan kandungan zat besi. Zat besi sangat dibutuhkan tubuh manusia dalam memproduksi sel darah merah. Tunggu apalagi, segeralah mengkonsumsi bayam rutin agar terhindar dari anemia.
  • Mengobati Pendarahan Pada Gusi
Pendarahan pada gusi di sebabkan karena kekurangan Vitamin C dan terlalu banyaknya mengkonsumsi gula halus. Pendarahan gusi tersebut dapat di atasi dengan mengkonsumsi bayam secara rutin. Agar kasiat lebih ampuh cobalah mencampur bayam dengan jus wortel.
  •  Menjaga Kesehatan Mata
Bayam bermanfaat menjaga kesehatan mata, itu dikarenakan bayam merupakan tumbuhan atau sayuran yang kaya akan Vitamin A. Vitamin A merupakan salah satu Vitamin yang sangat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan mata supaya penglihatan tetap terjaga dengan baik.

  • Menjaga Kesehatan Otak dan Meningkatkan Memori
Semakin bertambahnya usia membuat kemampuan daya ingat akan semakin berkurang. Untuk itulah perbanyak untuk mengkonsumsi bayam secara rutin karena bayam dapat memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan otak serta meningkatkan daya ingat atau memori.
  • Menutrisi Tulang dan Sendi
Bayam mengandung kalsium yang sangat bermanfaat dalam menguatkan tulang dengan memberi nutrisi pada tulang dan sendi. Sehingga jika kita mengkonsumsi bayam dengan rutin akan meminimalisir terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang sejak dini.
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat bayam yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena dalam satu cangkir bayam terkandung lebih 337 % dari AKG atau Angka Kecukupan Gizi akan vitamin , yang diman tidak hanya untuk melindungi akan tetapi lebih memperkuat entry point  di dalam tubuh, misalnya saja untuk saluran pencernaan, saluran kemih dan usus, membran mukosa, dan yang lebih penting lagi yaitu menjadi komponen penting dalam melawan infeksi.
  • Meningkatkan Efisiensi Otot 
Kalau kita masih ingat dengan film kartun popeye yang dimana jika telah mengkonsumsi bayam, maka ototnya akan tumbuh menjadi besar. Ternyata itu memang benar, karena dalam berbagai penelitian menyakini bahwa bayam dapat meningkatkan efisiensi otot. Dalam penelitian yang di lakukan Karolinska Institute di Swedia kepada partisipan untuk mengkonsumsi bayam perharinya 300 gram terbukti dapat mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan dalam otot saat mereka melakukan latihan otot sebanyak 5 %. Bahkan efeknya akan terlihat dalam waktu 3 hari setelah kita mengkonsumsi bayam perharinya.
  • Mengurangi Resiko Terserang Penyakit Kardiovaskular
Kaya akan kandungan asam folat, bayam dapat bermanfaat dalam mengurangi homosistein, asam amino yang banyak di temukan di dalam darah. Karena jika tingkat homosistein sangat tinggi terdapat dalam darah akan menyebabkan terjadinya resiko terkena penyakit jantung. Selain itu juga bayam mengandung inositol dan choline yang sangat bermanfaat dalam mencegah terjadinya pengerasan pada pembuluh darah.

Nah, ternyata manfaat tumbuhan bayam untuk kesehatan, terutama pada daunnya sangat melimpah, ya. Daun bayam dapat diolah menjadi keripik bayam sebagai camilan dan sebagai sayuran untuk sehari-hari. Apakah Anda termasuk penggemar sayuran kaya nutrisi ini?

Jaga Kesehatan Tubuh dengan Daun Bayam Rating: 4.5 Posted By: Beragam Manfaat