Nih, Kumpulan Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

Apakah Anda termasuk penggemar makanan manis? Tentu Anda tak asing dengan salah satu makanan manis terfavorit ini, dong. Ya, coklat dengan sejuta pesona manisnya merupakan makanan yang kaya manfaat. Lalu, apa saja manfaat coklat bagi kesehatan tubuh ini, ya? Simak di ulasan berikut, yuk!
  • Menutrisi Otak
Bagi Anda penggemar coklat, Anda pasti tahu dengan khasiat coklat yang satu ini. Coklat dapat membuat saraf dalam tubuh merileks dan meningkatkan sistem kerja otak.
manfaat coklat bagi kesehatan tubuh
Maka dari itulah, si manis yang satu ini dapat membuat meningkatkan rasa senang dan rileks pada tubuh, sehingga saraf-saraf otak tidak mudah merasa stres.
  • Menyehatkan Mata
Masalah kurang tajamnyapengelihatan dapat dikurangi dengan mengonsumsi coklat. Coklat merupakan salah satu makanan yang mampu melancarkan peredaran darah. Kelancaran peredaran darah khususnya yang menuju ke retina dapat dibantu oleh coklat ini. Maka dari itulah, kesehatan penglihatan Anda dapat meningkat dengan coklat.
  • Menghambat Penuaan
Coklat mengandung antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerutan-kerutan dan garis halus di wajah sebagai penanda bertambahnya umur. Flafonols yang merupakan zat antioksidan pada coklatlah yang berperan penting dalam proses tersebut. Selain itu, kandungan zat tersebut juga berperan penting untuk mengurangi efek sinar matahari, lho.
  • Melawan dan Mencegah Kanker
Manfaat coklat bagi kesehatan berikutnya adalah untuk melawan kanker dalam tubuh. Sebuah penelitian menemukan bahwa coklat terbukti dapat mencegah pertumbuhan atau melawan pembelahan sel kanker dalam tubuh.
  • Anti-Depresan
Salah satu manfaat coklat yang tak bisa dianggap main-main adalah manfaat coklat untuk mengurangi stress. Pada sebuah penelitian di Universitas California, San Diego, coklat ternyata terbukti meredakan mood yang buruk, memperbaiki suasana hati dan mencegah depresi.

Coklat sebagai pereda stress karena kandungan zat-zat psikoakti dalam coklat membantu meredakan saraf yang tegang. Zat-zat seperti kafein, theobromine, metil-siantin, dan phenylethylalanine-lah yang sangat berperan penting sebagai obat anti depresi.
  • Mengurangi Risiko Serangan Jantung
Pada sebuah penelitian, terbukti bahwa coklat hitam dapat mengurangi risiko serangan jantung hampir sekitar 50%. Hal ini karena, coklat dapat memperlambat pembekuan trombosit dalam darah penyebab terjadinya serangan jantung.
  • Membantu Diet
Bila biasanya Anda berdiet dengan menggunakan buah-buahan dan sangat menghindari coklat, maka kali ini Anda tak perlu menghindari makanan satu ini. Pada sebuah penelitian di University of Copenhagen membuktikan bahwa coklat dapat membantu program diet.

Hal ini karena, telah ditemukan bahwa coklat hitam dapat memberikan perasaan yang lebih kenyang seperti halnya memakan jambu biji atau apel, dari pada coklat putih. Itu artinya coklat hitam cukup efektif untuk membantu program diet Anda.
  • Mengatasi Diare
Manfaat coklat yang banyak tidak kita ketahui adalah dapat mengatasi diare.  Itu karena dalam suatu penelitian menyatakan kandungan flavonoid dalam kakao dapat mengikat protein dan mengatur sekresi cairan di dalam usus kecil sehingga dapat menghentikan diare.
  •  Menurunkan Hipertensi
Manfaat lain dari coklat adalah dapat menurunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Itu semua dikarenakan coklat mengandung flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan  untuk penyeimbang hormone dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh.
  • Sebagai Scrub Alami
Manfaat coklat sangatlah banyak terlebih untuk kecantikan, karena coklat dapat dijadikan sebagai scrub alami.  Karena jika coklat dijadikan scrub akan dapat mencerahkan kulit dan mengangkat sel – sel kulit mati. Cara menjadikan scrub yaitu pertama lelehkan dulu coklat lalu campur dengan susu  hingga menjadi krim, lalu balurkan scrub coklat tersebut pada wajah maupun leher.
  • Meningkatkan Produksi Insulin
Menurut penelitian yang di lakukan di Itali menyatakan bahwa dari 15 orang yang di teliti untuk mengkonsumsi coklat hitam atau coklat putih tanpa ada kandungan phytochemical flavonoid sebanyak 3 ons dan selama 15 hari . menunjukkan bahwa yang mengkonsumsi coklat hitam mengalami penurunan secara signifikan pada resistensi insulin.
  • Proteksi Sinar Matahari
Manfaat lain dari coklat yaitu memproteksi dari sinar matahari . Itu di karena dalam penelitian yang di lakukan oleh peneliti dari London yang menguji dalam waktu 3 bulan menyatakan bahwa coklat yang tingi akan flavanol dapat melindungi kita dari sinar matahari.
  • Detoksifikasi Kulit
Coklat memang kaya akan manfaat baik itu untuk kesehatan tubuh dan kulit. Karena itu jika coklat bubuk dan kafein di campur akan menghasilkan manfaat yang sangat berguna yaitu dapat mendetoksifikasi kulit. Selain itu campuran tersebut dapat mengatasi kulit yang kusam dan berminyak.
  • Menurunkan Kolesterol
Dengan mengkonsumsi coklat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL ) atau lemak jahat dalam tubuh dan bahkan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)  dalam tubuh sehingga sangat baik untuk di konsumsi.

  • Memperbaiki Ingatan di Usia Lanjut 

Dalam suatu penelitian menyatakan bahwa manula yang diberikan ekstrak kakao khusus yang kaya akan kandungan flavanol, dapat menunjukkan peningkatan akan kemampuan kognitifnya. Akan tetapi di pasaran produk - produk coklat sudah berkurang kadar flavanolnya di karenakan proses dalam pembuatan coklat dan juga biasanya tidak murni sebab ditambahkan oleh susu, telur, dan gula.

  • Berkurangnya Masalah Kehamilan
Preeklampsia merupakan salah satu masalah yang terjadi di saat kehamilan yang di mana dapat menyebabkan tekanan darah meningkat secara drastis. Dengan mengkonsumsi coklat dapat mengurangi resiko komplikasi kurang lebih 40 persen. Karena di dalam coklat terdapat kandungan teobromin yang dimana dapat menstimulasi jantung serta membantu melebarkan pembuluh nadi.
  • Menyembuhkan Batuk
Manfaat coklat selanjutnya adalah dapat meyembuhkan batuk. Itu karena kandungan teobromin pada coklat yang mampu meredakan gangguan batuk . Karena itulah untuk membeli obat batuk sebaiknya yang tidak mengandung kodein. 
  • Memperbaiki Daya Penglihatan
Dalam penelitian yang bertujuan mengetahui apakah flavanol cokelat hitam bisa memperbaiki penglihatan yang dilakukan oleh  University of Reading. Mereka melakukan eksperimen terhadap kedua kelompok peserta, yang di mana masing - masing kelompok yang satu makan coklat putih dan kelompok yang satunya lagi makan coklat hitam. Sehingga hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kelompok yang mengkonsumsi coklat hitam lebih unggul dalam melakukan tes kemampuan penglihatan.
  • Untuk Penyakit Hati
Coklat sangat bermanfaat bagi penderita penyakit hati karena kandungan senyawa antioksidan yang tinggi pada coklat dapat mengurangi terjadinya tekanan darah tinggi serta juga mengurangi kerusakan pembuluh darah hati.
  •  Manfaat Kakao Untuk Stroke
Manfaat terakhir dari coklat yaitu berguna bagi penderita stroke, karena coklat mengandung senyawa flavanol. Senyawa flavanol sendiri atau yang di sebut dengan epicatechin sangat bermanfaat dalam melindungi serta menjaga kerusakan akan stoke.
  

Nah, banyak sekali bukan manfaat coklat bagi kesehatan tubuh Anda? Bahkan, bagi Anda yang sedang diet, Anda tak perlu takut untuk menghindari makanan manis satu ini. Selain kenyang, coklat juga dapat menyehatkan tubuh Anda.

Nih, Kumpulan Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh Rating: 4.5 Posted By: Beragam Manfaat